Do’a Sebelum Takbiratul Ihram ?

Pertanyaan :

بعض المصلين عند تكبير الإمام للصلاة (تكبيرة الإحرام) يرفعون أيديهم ويدعون ويتأخرون في الدخول، فما الحكم في ذلك؟

Sebagian jama’ah, ketika imam sudah takbiratul ihram, mereka berdo’a dengan mengangkat dua tangan dan mengakhirkan masuk shalat,. Bagaimana hukum perbuatan tersebut ?

Jawaban :

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه، أما بعـد:

فقد اختلف في الدعاء بعد الإقامة وقبل تكبيرة الإحرام هل يسن أم لا؟ فنص الإمام أحمد في رواية أنه لا يسن، وهي التي مشى عليها أصحابه، وفي رواية عنه أنه يسن،

Diperselisihkan oleh para ulama’ tentang do’a setelah iqamah, sebelum takbiratul ihram, apakah dianjurkan atau tidak ? Imam Ahmad dalam salah satu riwayat menyebutkan tidak dianjurkan. Pendapat inilah yang dipegang oleh pengikut beliau. Dan dalam riwayat lain dinyatakan bahwa perbuatan tersebut dianjurkan.

قال الإمام المرداوي رحمه الله في الإنصاف: ليس بعد الإقامة وقبل التكبير دعاء مسنون نص عليه، وعنه أنه كان يدعو بينهما ويرفع يديه. اهـ. 

Imam Al Mawardi rahimahullah dalam Al Inshaaf berkata : “Tidak ada ada nash dari (Imam Ahmad) yang menganjurkan do’a setelah iqamah sebelum takbir. Diriwayatkan pula dari beliau bahwa ada do’a diantara keduanya dan mengangkat dua tangan.” Selesai.

ويستدل للدعاء بما رواه ابن حبان في صحيحه، والنسائي في السنن الكبرى، والحاكم في مستدركه وصححه ووافقه الذهبي في التلخيص، وقال هو على شرط مسلم ولم يخرجه، عن سعد بن أبي وقاص أن رجلا قال حين انتهى إلى الصف: اللهم آتني أفضل ما تؤتي عبادك الصالحين. فقال له رسول الله صلى الله عليه وسلم: إذن يعقر جوادك وتستشهد في سبيل الله.

Dalil yang menyatakan dianjurkannya do’a adalah riwayat Ibnu Hibban di shahihnya, dan An Nasaa-i di As Sunan Al Kubraa, dan Al Hakim di Mustadraknya dan dishahihkan serta disetujui oleh Adz Dzahabi di Al Takhliis, Beliau berkata bahwa hadits ini menurut syarat Muslim namun beliau tidak mengeluarkannya. Dari Sa’ad bin Abi Waqash, sesungguhnya ada seorang laki-laki ketika menuju ke shaf (berkata) : “Ya Allah berilah diriku sesuatu yang lebih utama dari apa yang Engkau berikan kepada hamba-hamba-Mu yang shalih.” Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadanya : “Jika demikian kudamu disembelih dan Engkau syahid di jalan Allah.”

والدعاء المقصود هنا إنما هو في حق المنفرد والإمام، أما المأموم فالسنة في حقه أن لا ينشغل بعد تكبير الإمام للإحرام بالدعاء، بل المطلوب منه أن يكبر للإحرام بعد الإمام، ويدخل في الجماعة من أول الصلاة.

Do’a yang dimaksud dalam hadits diatas adalah do’a untuk munfarid dan imam. Adapun makmum, maka yang dianjurkan adalah tidak menyibukkan diri setelah takbiratul ihram imam dengan do’a. Bahkan yang dituntut darinya adalah segera melakukan takbiratul ihram setelah imam dan segera masuk ke dalam jama’ah sejak awal shalat.

والله أعلم.

Sumber : http://www.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=94175

Tinggalkan komentar