Beda antara الرحمن dan الرحيم

Pertanyaan : Dalam firman Alloh ta’ala “الرحمن الرحيم” apakah antara الرحمن dan الرحيم mempunyai makna yang sama atau masing-masing punya makna sendiri ?

Jawab : Ada dua pendapat diantara para ulama’ tentang permasalahan ini :
1. Diantara mereka ada yang mengatakan bahwa “الرحمن الرحيم” maknanya satu (sama),
2. Akan tetapi jumhur ulama’ membedakan (antara “الرحمن الرحيم”). (Mereka mengatakan) bahwa الرحمن itu خاص الاسم عام الفعل sedangkan الرحيم itu عام الاسم خاص الفعل maksudnya الرحمن itu nama khusus untuk Alloh ta’ala saja maka tidak boleh bagi selain-Nya bernama dengan الرحمن. Sebagaimana firman Alloh ta’ala :
قل ادعوا لله او ادعوا الرحمن أياما تدعوا فله الأسماء الحسنى (الإسراء:110)
Nama (الرحمن) ini digunakan khusus untuk Alloh sedangkan selain-Nya tidak boleh (menggunakannya), dan firman Alloh ta’ala :
واسأل من أرسلنا من قبلك من رسلنا أجعلنا من دون الرحمن آلهة يعبدون (الزخرف : 45)
(dalam ayat ini) Alloh ta’ala menjelaskan bahwa الرحمن adalah yang berhak untuk mendapatkan ibadah (dari hamba-Nya). [ini khusus bagi Alloh ta’ala, karena tidak ada seorang-pun yang berhak untuk mendapatkan ibadah kita]

Sedangkan Musailamah الكذاب- – sungguh telah berani bernama dengan رحمان اليمامة Tidaklah ada orang yang mendengarnya kecuali dia akan mensifati orang yang bernama رحمان اليمامة dengan الكذاب (pendusta). Alloh ta’ala telah menegaskan akan kedustaan nya. Karena setiap orang kafir [Musailamah mengaku sebagai seorang Nabi] adalah pendusta, sehingga penetapan sifat الكذاب ini pada diri Musailamah merupakan kepastian (karena) Alloh telah menegaskan sifat الكذاب ini kepadanya. (Sebagaimana yang telah dikatakan oleh Imam Qurtubi).

Imam Ibnu katsir berkata : “Ketika sudah tersebar (berita) bahwasanya Musailamah bernama dengan رحمان اليمامة maka Alloh ta’ala memakaikan baju kedustaan (gelar الكذاب) kepadanya sehingga mulai saat itu tidaklah dikatakan kecuali Musailamah الكذاب”. Maka الرحمن adalah nama khusus bagi Alloh ta’ala yang tidak boleh seorangpun bernama dengannya. Dan الرحمن adalah suatu nama yang mencakup seluruh jenis rohmah.

Sedangkan الرحيم merupakan nama Alloh ta’ala dan makhluk juga dapat bersifat dengannya. Sebagaimana firman Alloh ta’ala tentang Nabi Muhammad :
لقد جاءكم رسول من أنفسكم عزيز عليه ما عنتم حريس عليكم بالمؤمنين رءوف رحيم (براءة : 128)
Akan tatapi jumhur ulama’ mengatakan bahwa الرحيم itu خاص الفعل . Maksudnya bahwa الرحيم itu hanya khusus untuk orang mukmin. Sebagaimana firman Alloh ta’ala :
وكان بالمؤمنين رحيما (الأحزاب : 43)
Sedangkan rohmah Alloh ta’ala kepada orang mukmin mencakup beberapa perkara, diantaranya adalah kelembutan dan hidayah Alloh ta’ala kepada mereka.

Ayat diatas tidaklah bertentangan dengan ayat (yang menyebutkan bahwa rohmah Alloh ta’ala umum kepada semua manusia). Seperti firman Alloh ta’ala :
إن الله بالناس لرعوف رحيم

Yang demikian itu disebabkan karena rohmah Alloh yang terdapat pada ayat diatas berbeda dengan rohmah Alloh yang ada pada (الأحزاب : 43).
Jika kita katakan bahwa bahwa maksud dari الناس pada ayat ini adalah manusia secara umum (kafir maupun mukmin) maka – والله أعلم – maksudnya adalah karena Alloh ta’ala bersikap lembut kepada mereka (orang kafir) dan Alloh ta’ala tidak menyegerakan adzab terhadap mereka, bahkan diantara kelembutan Alloh ta’ala terhadap mereka adalah masih membuka pintu taubat kepada mereka – والله أعلم-

[Lihat tafsir surat al fatihah syaikh Musthafa al Adawi hal 20-22]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s