Hewan kurban, pilih yang gemuk atau yang mahal ?

Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah ditanya :

Syaikh Al Utsaimin rahimahullah ditanya : Manakah yang lebih utama, berkurban dengan hewan kurban yang gemuk sehingga banyak lemak dan dagingnya atau hewan kurban yang harganya mahal ?

Beliau rahimahullah menjawab : Masalah ini, apakah lebih utama berkurban dengan hewan kurban yang harganya mahal atau hewan kurban yang gemuk ? Biasanya kedua hal tersebut saling berkaitan (yang gemuk, harganya mahal). Maka berkurban dengan hewan yang gemuk dan banyak dagingnya itu lebih utama. Namun dalam kondisi yang lain, berkurban dengan hewan yang harganya mahal lebih utama. Jika kita melihat terhadap manfaat hewan kurban, kita katakan bahwa berkurban dengan hewan yang gemuk lebih utama meskipun harganya murah. Akan tetapi jika kita melihat pada kesungguhan ibadah kepada Allah, kita katakan bahwa berkurban dengan hewan yang lebih mahal itulah yang utama. Karena usaha manusia untuk mengeluarkan banyak harta dalam rangka beribadah kepada Allah menunjukkan kesempurnaan dan kejujuran ibadahnya.

Maka jawaban dari pertanyaan ini kita katakan : lihat apa yang paling bermanfaat untuk hatimu. Jika engkau melihat bahwa  memilih berkurban dengan hewan yang lebih mahal akan menambah keimanan dan ketundukanmu kepada Allah maka lakukannlah.

(Majmuu’  Fataawa wa Rasaail Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin, jilid 25, hal. 34-35)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s