Maksud Ma’shum

Syaikh Shalih bin Fauzan Abdullah Al Fauzan hafidzahullah ditanya :

Pertanyaan : Syaikh yang mulia, semoga Allah memberi kebaikan kepadamu. Apa pendapatmu terhadap orang yang berkata : Sesungguhnya Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam itu ma’shum (dijaga) dari kesalahan apa yang beliau sampaikan dari Rabbnya (wahyu), jadi maksud ma’shum ini dikaitkan dengan apa yang beliau sampaikan dari Rabbnya ?

Jawaban : Benar, tidak diragukan lagi bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dijaga dari kesalahan terhadap wahyu yang beliau sampaikan dari Rabbnya : ” Nabi Muhammad  tidaklah berkata dengan hawa nafsunya. Namun yang dia katakan adalah wakyu dari Allah ta’ala.” (An Najm : 3-4). Demikian juga beliau dijaga dari melakukan dosa besar. Semua Nabi ‘alaihis shalaatu wa sallam dijaga dari melakukan dosa besar.

Hanya saja, yang diperselisihkan oleh para ulama’ adalah dalam perkara dosa kecil saja. Akan tetapi, tidaklah Allah menyebutkan dosa mereka kecuali menyebutkan pula taubat mereka. Mereka ma’shum dari melakukan dosa kecil diakhir kehidupan mereka. Sedangkan diawal perjalanan hidup mereka, terkadang mereka terjatuh dalam perbuatan dosa kecil, namun mereka ma’shum dari terus-menerus melakukan dosa kecil. Jadi sifat ma’shum mereka dari dosa-dosa kecil adalah diakhir kehidupan mereka, bukan diwal perjalanan hidup mereka. Sedangkan terjatuh dalam melakukan dosa besar, semua Nabi ma’shum baik diawal kehidupannya maupun diakhir kehidupannya. Demikian juga ketika menyampaikan wahyu dari Rabbnya, mereka ma’shum secara muthlaq.

(At Ta’liiq Al Mukhtashar ‘alal Qasiidah An Nuuniyah, hal. 1335)

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s