Perbedaan fatwa

Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah ditanya :

Syaikh rahimahullah ditanya : Terjadi perbedaan fatwa seorang ulama’ dengan ulama’ yang lainnya dalam masalah yang sama. Apa yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi ? Bagaimanakan sikap orang yang meminta fatwa ?

Beliau rahimahullah menjawab : Penyebab dari hal tersebut ada dua :

Pertama : Ilmu. Terkadang seorang yang memberi fatwa (mufti) tidak memiliki ilmu sebagaimana mufti  lain, maka mufti lain tersebut memiliki pengetahuan yang lebih luas darinya. Mufti tersebut telah mengetahui persoalan yang tidak dia ketahui.

Kedua : Pemahaman. Sesungguhnya manusia itu memiliki perbedaan dalam pemahaman, bahkan dengan tingkat perbedaan yang besar. Boleh jadi ilmunya sama, namun pemahaman mereka berbeda. Allah memberi pemahaman yang luas kepada seseorang, sehingga dia dapat lebih banyak memahami ilmunya dari pada orang lain. Pada keadaan yang demikian ini, orang yang memiliki ilmu yang lebih banyak serta pemahaman yang lebih kuat lebih dekat kepada kebenaran dari pada yang lainnya.

Sedangkan bagi orang yang meminta fatwa : Jika ada perbedaan pendapat diantara dua orang ulama’ yang memberi fatwa, dia memilih dan mengikuti ulama’ yang menurutnya lebih dekat kepada kebenaran. Boleh jadi karena ilmu ulama’ tersebut, sikap hati-hatinya (wara’) atau agamanya. Sebagaimana jika seseorang itu tertimpa sakit, kemudian ada perbedaan diantara dua orang dokter maka dia pilih dokter yang lebih dekat kepada kebenaran. Jika menurut dia kedua mufti tersebut memiliki kemampuan sama, maka dia tidak menguatkan untuk memilih salah satunya. Dia punya pilihan, boleh memilih pendapat ulama’ pertama atau memilih pendapat ulama’ yang lain. Kemudian pendapat yang lebih bisa menenangkan hati, hendaknya yang diambil.

(Majmuu’  Fataawa wa Rasaail Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin, jilid 26, hal. 428-429)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s