Tafsir Al Jalalain

Syaikh Shalih Fauzan bin Abdullah Al Fauzan hafidzahullah ditanya :

ما رأيكم في ‏”‏تفسير الجلالين‏”‏‏؟‏

Apa pendapatmu tentang tafsir Al Jalalain ?

 Syaikh hafidzahullah menjawab :

جواب السؤال ‏”‏تفسير الجلالين‏”‏ تفسير مختصر ألفه الحافظان‏:‏ الحافظ المحلي والمحافظ السيوطي، وكل منهما يلقب بجلال الدين، لذلك سمي بالجلالين، أي‏:‏ تفسير جلال الدين المحلي وتفسير جلال الدين السيوطي؛ لأن جلال الدين المحلي توفي قبل إكماله فأكمله السيوطي‏.‏

Tafsir Al Jalalain adalah tafsir ringkas yang ditulis oleh dua orang Al hafidz/Al hafidzaan, yaitu Al Hafidz Al Mahali dan Al Hafidz As Suyuthi. Mereka berdua digelari dengan Jalaluddin, oleh karena itu dinamakan Al Jalalain, yaitu tafsir dari Jalaluddin Al Mahali dan Jalaluddin As Suyuthi. Kemudian karena Jalaluddin Al Mahali meninggal dunia sebelum menyelesaikan tafsirnya tersebut maka diselesaikan oleh As Suyuthi.

وهو تفسير مختصر جدًا يسهل على طالب العلم أو المبتدئ قراءته أو حفظه، لكن من المعلوم أن كلا المُفسّرين على عقيدة الأشاعرة وهما يؤولان آيات الصفات كما هو مذهب الأشاعرة، ومن هذه الناحية يجب الحذر في الاعتماد على تفسيرهما في آيات الصفات‏.‏

Kitab tersebut adalah kitab tafsir yang sangat ringkas sehingga mudah bagi para penuntut ilmu atau pemula untuk membaca atau menghafalnya. Namun sudah diketahui bahwa kedua penulis kitab tafsir tersebut berada diatas aqidah Al Asya’irah, mereka berdua mentakwil ayat-ayat yang menjelaskan tentang sifat Allah sebagaimana madhzab Al Asya’irah. Berdasarkan hal ini maka wajib berhati-hati menjadikan tafsir mereka sebagai sandaran dalam menafsirkan ayat-ayat sifat.

 Sumber : http://islamancient.com/play.php?catsmktba=15594

3 comments

  1. Bismillahirrahanirrahim…
    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Dari ungkapan yang termaktub dalam uraian diatas yang berkenaan bahwa: “Berdasarkan hal ini maka wajib berhati-hati menjadikan tafsir mereka sebagai sandaran dalam menafsirkan ayat-ayat sifat.”,, lantas yang berkenaan dengan apa yang menjadikan kitab Tafsir tersebut dijadikan sebagai rujukan?

    jazakumullah khairon katsiron
    Billahi fii sabiililhaq
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

    1. Waalaikumussalam warahmatullah

      Salah satu alasan yang menjadikan tafsir Al Jalalain sebagai rujukan, khususnya bagi para penuntut ilmu pemula adalah karena tafsir Al Jalalain itu ringkas dalam menjelaskan makna ayat dan makna suatu kata dalam Al Qur’an. Ini sebagaimana penjelasan dari Syaikh ‘Utsaimin rahimahullah dan Syaikh Shalih Fauzan hafidzahullah diatas.

      Wallahua’alam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s