Mengkhususkan puasa pada tanggal 27 Rajab ?

Pertanyaan :

هل يوجد حديث شريف على أن الرسول صلى الله عليه وسلم كان يصوم يوم الإسراء والمعراج ( سبعة وعشرون رجب)؟

Apakah terdapat hadits yang menerangkan bahwa Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa pada hari israa mi’raj (tanggal 27 Rajab) ?

Jawaban :

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أما بعد:
فلم يثبت عن رسول الله صلى الله عليه وسلم حديث في صيام رجب، ولا في صيام شيء معين منه.

Tidak ada hadits shahih dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam yang menjelaskan tentang puasa penuh pada bulan Rajab atau puasa sebagian hari saja.

قال شيخ الإسلام ابن تيمية:( ولم يثبت عن النبي صلى الله عليه وسلم في رجب حديث؛ بل عامة الأحاديث المأثورة فيه عن النبي صلى الله عليه وسلم كلها كذب )

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata : Tidak terdapat hadits dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang menjelaskan tentang bulan Rajab, bahkan kebanyakan hadits yang ada semuanya dusta.

وقال ابن حجر: ( لم يرد في فضل شهر رجب ولا صيامه ولا في صيام شيء معين منه، ولا في قيام ليلة مخصوصة فيه حديث صحيح يصلح للحجة ).

Ibnu Hajar berkata : Tidak terdapat hadits shahih yang dapat dijadikan hujah tentang keutamaan bulan Rajab, baik puasa penuh pada bulan Rajab atau sebagian hari darinya, atau ibadah qiyamul lail secara khusus.

إلا أنه قد رويت أحاديث في فضل صيام الأشهر الحرم -ورجب منها- وقد فصلنا الكلام عن ذلك في الفتوى رقم: 28322 .

 

Namun terdapat hadits-hadits yang menjelaskan tentang keutamaan Al Asyhur Al Haram – bulan Rajab masuk padanya – Dan kami telah menjelaskannya masalah ini pada fatwa no : 28322.

والله أعلم.

Sumber : http://www.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&lang=A&Id=24232

وسئل الشيخ ابن عثيمين رحمه الله عن صيام يوم السابع والعشرين من رجب وقيام ليلته .

Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah ditanya tentang puasa pada tanggal 27 Rajab dan qiyamul lail pada malam harinya ?

فأجاب :

” صيام اليوم السابع العشرين من رجب وقيام ليلته وتخصيص ذلك بدعة , وكل بدعة ضلالة ” انتهى .

Beliau menjawab :

Mengkhususkan puasa pada tanggal 27 Rajab dan qiyamul lail pada malam harinya adalah bid’ah, dan setiap bid’ah adalah sesat. –selesai-

“مجموع فتاوى ابن عثيمين” (20/440) .

Sumber : http://islamqa.info/ar/ref/75394

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s