Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi

Pertanyaan :

قراءة سورة الكهف يوم الجمعة أرجو تفسير فضلها فأنا لا أعرف معنى عمود نور ؟

Membaca surat Al Kahfi pada hari jum’at, saya berharap dapat dijelaskan tentang keutamaannya, karena saya tidak mengerti maksud kata nuur/cahaya (dalam hadits)?

Jawaban :

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أما بعد:

Semua pujian milik Allah, shalawat dan salam semoga tercurah kepada Rasulullah, keluarga serta para pengikutnya, amma ba’du :

فقد وردت عدة أحاديث في فضل قراءة سورة الكهف يوم الجمعة

Terdapat beberapa hadits yang menjelaskan tentang keutamaan membaca surat Al Kahfi pada hari jum’at.

منها: حديث أبي سعيد الخدري رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: من قرأ سورة الكهف في يوم الجمعة، أضاء له من النور ما بين الجمعتين. رواه الحاكم والبيهقي وصححه الألباني. 

Diantaranya : hadits Abu Sa’id Al Khudri radhiyallahu ‘anhu, dia berkata : Rasululllah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari jum’at maka dia akan disinari cahaya diantara dua jum’at.”  (hadits riwayat Al Hakim dan al Baihaqi, dishahihkan oleh Syaikh Al Albani)

وعن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: من قرأ سورة الكهف يوم الجمعة أضاء له من النور ما بينه وبين البيت العتيق. رواه البيهقي والحاكم وصححه الألباني. 

Dari Abu Sa’id Al Khudri radhiyallahu ‘anhu, dia berkata : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari jum’at maka dia akan disinari cahaya antara dia dan ka’bah.” (hadits riwayat Al Baihaqi dan Al Hakim, dishahihkan oleh Syaikh Al Albani)

وعن ابن عمر رضي الله عنهما قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: من قرأ سورة الكهف في يوم الجمعة سطع له نور من تحت قدمه إلى عنان السماء يضيء له يوم القيامة، وغفر له ما بين الجمعتين. أخرجه المنذري في الترغيب والترهيب، وقال: رواه أبو بكر بن مردويه في تفسيره بإسناد لا بأس به.

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, dia berkata : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari jum’at maka akan disinari cahaya dari kedua telapak kakinya sampai setinggi langit, menyinarinya pada hari kiamat, dan baginya ampunan diantara dua jum’at.” (dikeluarkan oleh Al Mundziri di At Targhiib wat Tarhiib, dia berkata : diriwayatkan oleh Abu Bakar bin Mardawiyah di tafsirnya dengan sanad tidak mengapa)

 والنور المذكور في النصوص السابقة قد يكون نوراً معنوياً، والمعنى أن من قرأ سورة الكهف في يوم الجمعة كان ذلك مانعاً له من المعاصي هادياً إلى الصواب ما بين الجمعتين، كما أن النور يستضاء به،

Cahaya yang disebutkan pada hadits-hadits diatas bisa bermakna cahaya secara maknawi yaitu siapa saja yang membaca surat Al Kahfi pada hari jum’at maka akan terhalang dari perbuatan maksiat, mendapat petunjuk kepada kebenaran diantara dua jum’at, seperti cahaya yang menyinarinya.

وقد يكون نوراً حسياً بمعنى أنه يسطع له نور من تحت قدمه بحيث يكون ظاهراً على وجهه يوم القيامة، وفي الدنيا يكون على وجهه أيضاً نور وبهاء، والقول الثاني أقرب لموافقته لحديث ابن عمر. 

Dan bisa juga bermakna cahaya secara hissi/nyata yaitu disinari cahaya dari kedua telapak kakinya sehingga nampak dari wajahnya pada hari kiamat, demikian pula ketika di dunia, ada cahaya pada wajahnya. Pendapat yang kedua ini lebih tepat karena sesuai dengan hadits Ibnu Umar.

فائدة: الفضل المذكور من النصوص السابقة يحصل كذلك لمن قرأ سورة الكهف ليلة الجمعة،

Faedah : keutamaan yang disebutkan pada hadits-hadits diatas juga diperoleh oleh orang yang membaca surat Al Kahfi pada malam jum’at.

قال المناوي في فيض القدير: فيندب قراءتها يوم الجمعة وكذا ليلتها كما نص عليهالشافعي رضي الله عنه،

Al Munawi di Faudhul Qadiir berkata : “Disunnahkan membaca surat Al Kahfi pada hari jum’at, demikian pula pada malam jum’at, sebagaimana ditegaskan oleh Asy Syaifi’i radhiyallahu ‘anhu.”

وقال رحمه الله: قال الحافظ ابن حجر في أماليه كذا وقع في روايات يوم الجمعة وفي روايات ليلة الجمعة، ويجمع بأن المراد: اليوم بليلته، والليلة بيومها. انتهى 

Beliau rahimahullah juga berkata : “Al Hafidz Ibnu Hajar dalam Al Amali berpendapat demikian, karena pada beberapa riwayat pada hari jum’at dan riwayat yang lain malam jum’at. Maka dikompromikan : jika (haditsnya) hari jum’at maka dengan malamnya dan jika malam jum’at maka dengan siangnya.” Selesai.

والله أعلم. 

Sumber : http://www.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=27666

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s