Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah Ar Rajihi hafidzahullah ditanya :
السؤال: هناك من فسر المقام المحمود بأنه إقعاد الرسول صلى الله عليه وسلم على العرش، وذكر السلف أن من أنكر هذه الفضيلة فهو جهمي، مع أنها جاءت بأسانيد ضعيفة كما في السنة للخلال؟
Disana ada yang menafsirkan Al Maqaam Al Mahmuud dengan duduknya Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam di atas Arsy. Dan ulama’ salaf menyebutkan bahwa orang yang mengingkari keutamaan ini maka dia Jahmiyah, padahal hadits yang menjelaskannya sanadnya dhaif sebagaimana di As Sunnah milik Al Khalal ?
Syaikh hafidzahullah menjawab :
الجواب: نعم، وهذا قد سبق الكلام عليه، أن المقام المحمود هو الشفاعة العظمى، وجاء في بعض الأحاديث أنه إقعاد النبي صلى الله عليه وسلم معه على العرش، قال شيخ الإسلام و ابن القيم وغيره: إنه لا ينكر هذا إلا الجهمية، وهذا يدل على أن الحديث ثبت عندهم بسند صحيح، فإذا ثبت ذلك بسند صحيح، فإن المقام المحمود سيشمل الأمرين: الشفاعة، وإقعاده على العرش عليه الصلاة والسلام.
Ya, telah berlalu pembicaraan tentang perkara ini, bahwa Al Maqaam Al Mahmuud adalah As Syafa’ah Al Udhzma. Dan datang keterangan dari sebagian hadits bahwa maksudnya adalah duduknya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersama Allah di atas Arys. Syaikhul Islam, Ibnul Qayyim dan selain mereka berkata : “Sesungguhnya tidak ada yang mengingkari perkara ini kecuali Jahmiyah. “ Ini menunjukkan bahwa hadits tersebut memang tetap menurut mereka dengan sanad shahih. Jika perkara tersebut ada dalam hadits dengan sanad shahih maka Al Maqaam Al Mahmuud mencakup dua perkara : syafaa’at dan duduknya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di atas Arsy.
Sumber : http://audio.islamweb.net/audio/index.php?page=FullContent&audioid=227037