Hukum Memegang Tongkat Saat Khutbah

Pertanyaan :

في بعض المساجد أرى الإمام يمسك بالعصا أثناء خطبته ، فهل هذا من السنة ؟ بارك الله فيكم.

Pada sebagian masjid, saya melihat imam memegang tongkat ketika khutbah, apakah ini termasuk dianjurkan (sunnah) ? Semoga Allah memberi barakah kepada Anda

Jawaban :

الحمد لله, اختلف الفقهاء في حكم اتكاء الخطيب على العصا ونحوها من قوس أو سيف أثناء خطبة الجمعة على قولين :

Alhamdulillah, para fuqaha’ berbeda pendapat tentang hukum khatib yang bertumpu pada tongkat atau benda yang semisalnya, seperti  busur panah dan pedang saat khutbah jum’at. Pendapat mereka terbagi menjadi dua :

القول الأول : الندب والاستحباب ، وهو مذهب جمهور العلماء من المالكية والشافعية والحنابلة .

Pendapat pertama : dianjurkan dan disunnahkan. Ini adalah madzab mayoritas ulama’ dari kalangan ulama’ Malikiyah, Syafi’iyah dan Hanabilah.

يقول الإمام مالك رحمه الله :” وذلك مما يستحب للأئمة أصحاب المنابر ، أن يخطبوا يوم الجمعة ومعهم العصي يتوكؤون عليها في قيامهم ، وهو الذي رَأَيْنا وسَمِعْنا ” انتهى.” المدونة الكبرى ” (1/151)، وهو المعتمد في كتب متأخري المالكية ، كما في ” جواهر الإكليل ” (1/97)، وفي ” حاشية الدسوقي ” (1/382).

Imam Malik rahimahullah berkata : “Diantara perkara yang dianjurkan untuk para imam yang naik mimbar adalah hendaknya berkhutbah pada hari jum’at dengan membawa tongkat yang mereka gunakan untuk bertumpu saat berdiri. Inilah yang kami lihat dan dengar.” Selesai “Al Mudawinah Al Kubraa” (1/151) Ini adalah kitab yang jadi pegangan ulama’ mutaakhiriin Malikiyah, sebagiman di “Jawaahirul Ikliil” (1/97) dan “Haasiyah Al Adswakhii” (1/382)

ويقول الإمام الشافعي رحمه الله :” أحب لكل من خطب – أيَّ خطبة كانت – أن يعتمد على شيء ” انتهى.” الأم ” (1/272)، وهو معتمد مذهب الشافعية أيضا ، كما في ” نهاية المحتاج ” (2/326)، ” حاشية قليوبي وعميرة ” (1/272) .

Imam Syafi’i rahimahullah berkata : “Saya suka jika setiap orang yang khutbah –khutbah apa saja- bertumpu pada sesuatu.” Selesai. “Al Umm” (1/272) Ia kitab yang jadi pegangan madzab Syafi’I, sebagimana di “Nihaayatul Muhtaaj” (2/326) dan “Haasiyah Khulyuubi wa ‘Umairaah”

ويقول البهوتي الحنبلي رحمه الله :” ويسن أن يعتمد على سيف أو قوس أو عصا بإحدى يديه ” انتهى .” كشاف القناع ” (2/36)، وانظر: ” الإنصاف ” (2/397)

Al Buhuuti Al Hanbali rahimahullah berkata : “Dianjurkan memegang pedang, busur panah atau tongkat dengan salah satu tangannya.” Selesai. “Kasyaaful Qanaa’” (2/36) dan lihat “Al Inshaaf” (2/397)

واستدل أصحاب هذا القول بأن الاتكاء على العصا ثابت من فعل النبي صلى الله عليه وسلم في أحاديث كثيرة ، منها حديث الحكم بن حزن أن النبي صلى الله عليه وسلم قام يوم الجمعة (متوكئا على عصا أو قوس فحمد الله وأثنى عليه…) إلى آخر الحديث . رواه أبو داود (1096) ، قال النووي في ” المجموع ” (4/526) : حديث حسن . وحسنه الألباني في ” صحيح أبي داود “. وضعفه بعض أهل العلم ، فقال ابن كثير في ” إرشاد الفقيه ” (1/196) : ليس إسناده بالقوي .

Dalil yang dijadikan sandaran oleh ulama’ yang memilih pendapat disunnahkan bertumpu pada tongkat  adalah perbuatan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam banyak hadits. Diantaranya hadits Al Hakam bin Hazan, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berdiri pada hari jum’at (bertumpu pada tongkat atau busur panah lalu memuji dan menyanjung Allah . . .) sampai akhir hadits. HR. Abu Dawud (1096). Imam Nawawi dalam Al Majmuu’ (4/526) berkata : hadits hasan. Dihasankan juga oleh Al Albani di “Shahih Abi Dawud”. Namun sebagian ulama’ mendhaifkannya, Ibnu Katsir berkata di “Irsyaadul Faqiih” (1/196) : sanadnya tidak kuat.

القول الثاني : الكراهة ، وهو معتمد مذهب الحنفية وإن خالف بعض فقهائهم .

Pendapat kedua : makruh, ini adalah pendapat yang dipegang oleh ulama’ Hanafiyah meskipun sebagian fuqaha’ mereka menyelisihinya.

قال صاحب التتارخانية – ونسبه لصاحب ” المحيط البرهاني ” – ما نصه : ” وإذا خطب متكئاً على القوس أو على العصا جاز ، إلا أنه يكره ؛ لأنه خلاف السنة ” انتهى. ” الفتاوى التتارخانية ” (2/61)

Penulis At Tatarakhaaniyyah berkata – dan beliau menisbahkan kepada penulis ‘Al Muhiith Al Burhaani” dia berkata : “Jika berkhutbah dengan memegang busur panah atau tongkat maka hukumnya boleh, namun hal tersebut tidak disukai, karena menyelisihi sunnah.” Selesai. “Al Fataawa At Tatarakhaaniyyah” (2/61)

وجاء في ” الفتاوى الهندية ” (1/148) على مذهب الحنفية :” ويكره أن يخطب متكئا على قوس أو عصا , كذا في الخلاصة , وهكذا في المحيط , ويتقلد الخطيب السيف في كل بلدة فتحت بالسيف , كذا في شرح الطحاوي ” انتهى.

Datang keterangan dalam “Al Fataawa Al Hindiyyah” (1/148) berdasarkan madzab hanafiyyah “Tidak disukai (makruh) berkhutbah sambil memegang busur atau tongkat. Demikian pula di Al Khulaashah dan Al Muhiith. Dan khatib memegang pedang pada semua negeri yang ditaklukkan dengan peperangan, demikian dalam syarah At Thahawi.” Selesai.

وفي كلام العلامة ابن القيم ما يدل على أن الاتكاء على العصا ليس من هدي النبي صلى الله عليه وسلم في الخطبة على المنبر .

Dalam perkataan Al Allamah Ibnul Qayyim menunjukkan bahwa bertumpu pada tongkat tidak termasuk petunjuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam khutbah diatas mimbar.

قال رحمه الله :” ولم يكن يأخذ بيده سيفاً ولا غيرَه ، وإنما كان يعتَمِد على قوس أو عصاً قبل أن يتَّخذ المنبر ، وكان في الحرب يَعتمد على قوس ، وفي الجمعة يعتمِد على عصا ، ولم يُحفظ عنه أنه اعتمد على سيف ، وما يظنه بعض الجهال أنه كان يعتمد على السيف دائماً ، وأن ذلك إشارة إلى أن الدين قام بالسيف : فَمِن فَرطِ جهله ، فإنه لا يُحفظ عنه بعد اتخاذ المنبر أنه كان يرقاه بسيف ، ولا قوس ، ولا غيره ، ولا قبل اتخاذه أنه أخذ بيده سيفاً البتة ، وإنما كان يعتمِد على عصا أو قوس ” انتهى.” زاد المعاد ” (1/429)

Beliau rahimahullah berkata : “Beliau tidak memegang tongkat dan benda lainnya dengan tangannya. Beliau memegang busur panah atau tongkat sebelum beliau khutbah diatas mimbar. Beliau dulu memegang busur panah saat perang, dan pada shalat jum’at bertumpu pada tongkat. Dan tidak dinukil dari beliau bahwa beliau memegang pedang. Adapun apa yang disangka oleh sebagian orang jahil bahwa beliau selalu memegang pedang dan hal tersebut terdapat isyarat bahwa agama Islam itu tegak dengan pedang : ini berasal dari kejahilannya. Karena tidak dinukil dari beliau setelah beliau khutbah diatas mimbar, beliau khutbah dengan pedang, busur panah dan yang selainnya. Dan sebelum beliau mengambil mimbar, sama sekali tidak dinukil bahwa beliau memegang pedang saat khutbah, yang ada adalah beliau bertumpu pada tongkat atau busur panah. Selesai. “Zaadul Ma’aad” (1/429)

وقال الشيخ ابن عثيمين رحمه الله : ” قوله : ( ويعتمد على سيف أو قوس أو عصا ) أي : يسن أن يعتمد حال الخطبة على سيف ، أو قوس ، أو عصا ، واستدلوا بحديث يروى عن النبي صلّى الله عليه وسلّم في صحته نظر ، وعلى تقدير صحته ، قال ابن القيم : إنه لم يحفظ عن النبي صلّى الله عليه وسلّم بعد اتخاذه المنبر أنه اعتمد على شيء .

Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah berkata “Perkataan penulis (Zaadul Mustaqni’) : (memegang pedang, busur panah atau tongkat) yaitu : dianjurkan untuk memegang pedang, busur panah atau tongkat saat khutbah. Mereka berdalil dengan hadits yang diriwayatkan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang keshahihannya perlu diteliti lagi. Taruhlah haditsnya shahih maka Ibnul Qayyim berkata : Tidak dinukil dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam setelah beliau menggunakan mimbar untuk khutbah bahwa beliau memegang sesuatu.

ووجه ذلك : أن الاعتماد إنما يكون عند الحاجة ، فإن احتاج الخطيب إلى اعتماد ، مثل أن يكون ضعيفاً يحتاج إلى أن يعتمد على عصا فهذا سنة ؛ لأن ذلك يعينه على القيام الذي هو سنة ، وما أعان على سنة فهو سنة ، أما إذا لم يكن هناك حاجة ، فلا حاجة إلى حمل العصا ” انتهى.” الشرح الممتع ” (5/62-63)

Alasannya : bertumpu atau memegang sesuatu hanya diperlukan saat ada hajah (kebutuhan). Jika seorang khatib membutuhkan untuk bertumpu padanya, seperti karena kondisi dia lemah, maka perlu bertumpu pada tongkat, maka yang demikian ini dianjurkan. Karena bertumpu pada tongkat saat itu membantu berdirinya khatib yang hukumnya sunnah.

وقد أيد الشيخ الألباني رحمه الله كلام ابن القيم ، ونفى أن يكون ثبت في الأحاديث ما يدل على أن النبي صلى الله عليه وسلم كان إذا خطب على المنبر اتكأ على القوس أو العصا ، وذلك في ” السلسلة الضعيفة ” (حديث رقم/964)

Syaikh Al Albani rahimahullah menguatkan pendapat Ibnul Qayyim. Beliau menyangkal bahwa ada hadits yang menunjukkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dulu berkhutbah diatas mimbar dengan memegang busur panah atau tongkat. Perkataan beliau ini ada di “As Silsilah Adh Dhai’fah” (hadits hal. 964)

والله أعلم .

Sumber : http://islamqa.info/ar/ref/142222

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s