Tidak Ada Adzan dan Iqamah Sebelum Shalat I’ed

adzan ied1

Dari Jabir bin Samurah radhiyallahu‘anhu berkata : “Aku pernah shalat i’ed bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak hanya sekali atau dua kali, tanpa ada adzan dan iqamah.” (HR. Muslim dan hadits semisalnya di sepakati oleh Bukhari dan Muslim dari Ibnu Abbas radhiyallahu’anhuma dan selainnya.)

Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al Bassam rahimahullah berkata :

Fawaaid hadits diatas :

adzan ied2

Pertama : Shalat i’ed, baik I’dul fithri maupun I’dil adha, tidak disyariatkan padanya adzan dan iqamah, perkara ini seperti menjadi kesepakatan para ulama’.

adzan ied3

Kedua : Ibnul Qayyim di Al Hadyu berkata : “Adalah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam jika beliau pergi ke lapangan untuk shalat I’ed, beliau shalat tanpa adzan dan iqamah, demikian pula tanpa ada seruan “As Shalaatul Jaami’ah” , maka yang merupakan sunnah adalah tidak melakukan perbuatan tersebut.

adzan ied4aadzan ied4badzan ied4c

Ketiga : Hikmah dibalik tidak adanya adzan dan iqamah dalam dua shalat i’ed –wallahua’lam– adalah karena masuknya waktu pelaksanaan dua shalat i’ed itu sudah masyhur dengan adanya ketetapan masuknya keduanya, waktu kedua shalat tersebut sudah ditentukan dan diketahui.

Kemudian tujuan dari adzan adalah untuk menginformasikan masuknya waktu shalat, dalam shalat i’ed ini manusia tidak membutuhkan informasi tentang masuknya shalat i’ed, karena mereka tidak dalam keadaan lalai dari shalat dan waktunya.

adzan ied5

Keempat : Adzan dan iqamah tidak disyariatkan untuk selain shalat wajib lima waktu. Keduanya tidak disyariatkan untuk shalat nafilah, jenazah, i’ed, istisqaa dan tidak pula khusuf.

Imam Nawawi berkata : Adzan dan iqamah tidak disyariatkan untuk selain shalat wajib lima waktu. Inilah yang dikatakan mayoritas ulama’, baik ulama’ dahulu maupun ulama’ belakangan.

Sumber : Taudiih Al Ahkaam, Jilid 1, hal. 522

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s