Pertanyaan :
السلام عليكم إمام المسجد ينبه قبل الصلاة إلى أن كل التكبيرات للمأموم سرا ما عدا تكبيرة الإحرام والسلام كعلامة على الخشوع، ما مدى صحة ذلك؟ والسلام عليكم
Assalamu’alaikum, Seorang imam masjid sebelum shalat mengingatkan kepada para jama’ah bahwa semua takbir bagi makmum dibaca pelan, kecuali takbiratul ihram dan salam, karena sebagai tanda khusyuk dalam shalat. Apakah perkataan tersebut benar ? Wassalamu’alaikum
Jawaban :
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أما بعد :
Semua pujian milik Allah, shalawat dan salam semoga terlimpahkan atas Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, sahabat serta pengikut beliau, amma ba’du :
فقد ذهب كثير من أهل العلم إلى كراهة جهر غير الإمام والمسمِّع بالتكبير والتسليم،
Mayoritas ulama’ berpendapat bahwa menjahrkan takbir dan salam untuk selain imam dan musammi’ (orang yang menyampaikan suara imam) hukumnya makruh.
قال في الإنصاف: يستحب للإمام الجهر بالتكبير كله ويكره لغيره الجهر من غير حاجة، فإن كان ثم حاجة لا يكره. انتهى.
Dalam kitab Al Inshaaf dikatakan : “Dianjurkan bagi imam untuk menjahrkan semua takbir dan di makruhkan bagi selainnya jika tanpa ada hajah/kebutuhan. Jika ada hajah maka tidak makruh.” Selesai.
وقال صاحب مغني المحتاج: اتفقوا على جهره بالتكبير والسلام، أي الإمام أو المبلغ لا غيرهما. انتهى.
Penulis Mughnil Muhtaaj berkata : “Para ulama’ bersepakat akan disyariatkannya menjahrkan takbir dan salam, yaitu bagi imam atau penyampai suara imam, tidak selain keduanya.” Selesai.
وذهب المالكية إلى أن المأموم يجهر بالسلام وتكبيرة الإحرام فقط ويسر فيما عدا ذلك،
Adapun ulama’ Malikiyah berpendapat bahwa makmum menjahrkan takbiratul ihram dan salam saja, untuk yang lain di baca sirr/pelan.
قال الخرشي في شرحه على خليل: يسن جهر المصلي إماما أو مأموما بتسليمة التحليل ليعلم خروجه من الصلاة لئلا يقتدى به.. إلى أن قال: وأما الجهر بتكبيرة الإحرام فهو مندوب، وأما غيرها من التكبيرات فيندب للإمام دون المأموم، فالأفضل له السر، والفذ مثله. انتهى.
Al Kharrasyi dalam syarahnya atas Khalil berkata : “Dianjurkan bagi orang yang shalat baik dia imam atau makmum untuk menjahrkan salam supaya diketahui bahwa dia telah selesai shalat sehingga tidak diikuti.” . . . hingga perkataan beliau : “Adapun menjahrkan takbiratul ihram maka hukumnya dianjurkan, sedangkan takbir yang lain hanya dianjurkan untuk imam, bukan makmum, yang afdhal bagi makmum adalah dengan mensirrkannya, demikian pula orang yang shalat sendirian.” Selesai.
هذا في ما يتعلق بالتكبير والتسليم، فالمسألة فيها خلاف بين أهل العلم، ولعل الإمام الذي يندب إلى الجهر بتكبيرة الإحرام والسلام للمأمومين مالكي المذهب، لكن قوله: كعلامة على الخشوع لم يتضح لنا وجهه، وإنما الذي اطلعنا عليه في تعليل المالكية للجهر بتسليمة التحليل هو أن المأمومين يسن في حقهم أن يردوا السلام بعضهم على بعض، فلذلك كان الجهر بالسلام سنة في حقهم حتى يسمع المأموم سلام صاحبه فيرد عليه.
Ini permasalahan yang terkait dengan takbir dan salam, maka permasalahannya diperselisihkan oleh para ulama’. Boleh jadi imam yang menganjurkan menjahrkan takbiratul ihram dan salam bagi makmum itu pengikut madzab Malikiyah. Akan tetapi perkataannya : sebagai tanda khusyuk, tidak jelas bagi kami alasannya. Hanya saja yang kami teliti, alasan Malikiyah menganjurkan jahr saat salam adalah karena makmum dianjurkan untuk menjawab salam antara sebagian mereka dengan sebagian lainnya. Oleh karena itu menjahrkan salam dianjurkan bagi mereka, sehingga makmum mendengar salam temannya lalu menjawabnya.
والله أعلم
Sumber : http://www.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=32529