Khutbah I’ed, Sekali atau Dua Kali ?

ما القول الراجح في خطبة العيدين ، هل هي خطبة أم خطبتين ؟ وما الدليل على ذلك ؟.

Apa pendapat yang paling kuat tentang khutbah i’ed, sekali atau dua kali ? Dan apa dalilnya ?

الحمد لله

ذهب جمهور أهل العلم من المذاهب الأربعة وغيرهم إلى أنه يخطب في العيد بخطبتين ، يفصل بينهما بجلوس ، كما يفعل ذلك في خطبة صلاة الجمعة .

Mayoritas ulama’ madzab yang empat dan ulama’ lainnnya berpendapat bahwa khutbah i’ed itu dua kali dan dipisahkan oleh duduk diantara dua khutbah sebagaimana khutbah shalat jum’at.

جاء في المدونة (1/231) : ” وقال مالك : الخطب كلها ، خطبة الإمام في الاستسقاء والعيدين ويوم عرفة والجمعة ، يجلس فيما بينها ، يفصل فيما بين الخطبتين بالجلوس ” انتهى .

Datang keterangan di Al Mudawanah (1/231) : “Malik berkata : semua khutbah, baik khutbah istisqaa, khutbah pada dua hari raya, khutbah hari Arafah dan khutbah jum’at ada duduk diantara kedua khutbah, maka dua khutbah dipisahkan dengan duduk.” Selesai.

وقال الشافعي رحمه الله في “الأم” (1/272) : “عن عبيد الله بن عبد الله بن عتبة قال : السنة أن يخطب الإمام في العيدين خطبتين يفصل بينهما بجلوس ( قال الشافعي ) : وكذلك خطبة الاستسقاء وخطبة الكسوف ، وخطبة الحج ، وكل خطبة جماعة ” انتهى .

Imam Asy Syafi’i rahimahullah di Al Umm (1/272) berkata : “Dari Ubaidullah bin Abdullah bin Utbah, dia berkata : Termasuk sunnah adalah seorang imam khutbah i’ed dua kali dan memisahkan keduanya dengan duduk. Asy Syafi’i berkata : Demikian juga khutbah istisqaa, khutbah kusuf, khutbah haji dan semua khutbah jum’at.” Selesai.

وينظر : “بدائع الصنائع” (1/276) ، “المغني” (2/121) .

Lihat : Badaai’u Ash Shanaai’ (1/276) dan Al Mughni (2/121)

قال الشوكاني رحمه الله معلقا على الأثر السابق : ” والحديث الثاني يرجحه القياس على الجمعة . وعبيد الله بن عبد الله تابعي كما عرفت ، فلا يكون قوله : “من السنة” دليلا على أنها سنة النبي صلى الله عليه وآله وسلم كما تقرر في الأصول . وقد ورد في الجلوس بين خطبتي العيد حديث مرفوع رواه ابن ماجه ، وفي إسناده إسماعيل بن مسلم ، وهو ضعيف ” انتهى من “نيل الأوطار” (3/323) .

Imam Asy Syaukani rahimahullah ketika memberikan komentar terhadap atsar sebelumnya berkata : “hadits kedua menguatkan benarnya qiyas dengan khutbah jum’at. Dan Ubaidullah bin Abdullah adalah seorang tabi’in sebagaimana telah Engkau ketahui. Maka perkataannya :”termasuk sunnah” adalah dalil bahwa perbuatan tersebut merupakan sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagaimana yang ditetapkan dalam ilmu ushul fiqh. Dan keterangan tentang duduk diantara dua khutbah i’ed ini terdapat dalam hadits marfu’ yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah yang didalam sanadnya terdapat perawi yang bernama Isma’il bin Muslim, dan dia perawi dha’if.” Selesai. Dari Nailul Authar (3/323)

وحديث ابن ماجة (1279) هو ما رواه عَنْ جَابِرٍ رضي الله عنه قَالَ : ( خَرَجَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ فِطْرٍ أَوْ أَضْحَى ، فَخَطَبَ قَائِمًا ، ثُمَّ قَعَدَ قَعْدَةً ، ثُمَّ قَامَ ) والحديث أورده الألباني في ضعيف ابن ماجه ، وقال عنه : منكر .

Hadits Ibnu Majah (1279) diriwayatkan oleh Jabir radhiyallahu’anhu, dia berkata : “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar pada hari i’dul fithri atau i’dul Adha, maka beliau khutbah dengan berdiri lalu duduk sekali kemudian berdiri lagi.” Hadits ini disebutkan oleh Al Albani dalam Dha’if Ibnu Majah, Beliau berkata tentang hadits ini : hadits munkar.

قال في “عون المعبود” (4/4) : ” قال النووي في الخلاصة : وما روي عن ابن مسعود أنه قال : السنة أن يخطب في العيد خطبتين يفصل بينهما بجلوس ، ضعيفٌ غير متصل ، ولم يثبت في تكرير الخطبة شيء ، والمعتمد فيه القياس على الجمعة ” انتهى .

Penulis  ‘Aunul Ma’bud (4/4) berkata : “Imam Nawawi dalam kesimpulan beliau berkata : hadits yang diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud bahwa dia berkata : “Yang sunnah dalam khutbah i’ed adalah dilakukan dua kali dan dipisahkan dengan duduk.” Haditsnya dha’if tidak bersambung dan tidak ada satupun  hadits yang menjelaskan diulangnya khutbah. Sehingga yang dijadikan dalil dalam hal ini adalah diqiyaskan dengan khutbah jum’at.”

فتحصّل من ذلك أن مستند الخطبتين :

1- حديث ابن ماجة ، وأثر ابن مسعود رضي الله عنه ، وكلاهما ضعيف كما سبق .

2- أثر عبيد الله بن عبد الله بن عتبة ، وهو تابعي .

3- القياس على الجمعة .

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa dasar dari khutbah i’ed dua kali adalah

–          Hadits Ibnu Majah dan atsar Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu dan keduanya dha’if sebagaimana keterangan sebelumnya.

–          Atsar Ubaidullah bin Abdullah bin Utbah dan dia seorang tabi’in.

–          Qiyas dengan khutbah jum’at.

وذكر الشيخ ابن عثيمين رحمه الله أمراً رابعاً قد يُحتج به ، قال رحمه الله : ” وقوله : ” خطبتين ” هذا ما مشى عليه الفقهاء رحمهم الله أن خطبة العيد اثنتان ؛ لأنه ورد هذا في حديث أخرجه ابن ماجه بإسناد فيه نظر ، ظاهره أنه كان يخطب خطبتين . ومن نظر في السنة المتفق عليها في الصحيحين وغيرهما تبين له أن النبي صلى الله عليه وسلم لم يخطب إلا خطبة واحدة ، لكنه بعد أن أنهى الخطبة الأولى توجه إلى النساء ووعظهن ، فإن جعلنا هذا أصلا في مشروعية الخطبتين فمحتمل ، مع أنه بعيد ؛ لأنه إنما نزل إلى النساء وخطبهن لعدم وصول الخطبة إليهن ، وهذا احتمال . ويحتمل أن يكون الكلام وصلهن ولكن أراد أن يخصهن بخصيصة ، ولهذا ذكرهن ووعظهن بأشياء خاصة بهن ” انتهى من “الشرح الممتع” (5/191) .

Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah menyebutkan perkara keempat yang dapat dijadikan dalil : Beliau rahimahullah berkata : dan perkataannya “dua khutbah” inilah yang dijadikan oleh para fuqaha rahimahullah bahwa khubah i’ed itu dua kali. Karena keterangannya terdapat dalam hadits yang dikeluarkan oleh Ibnu Majah dengan sanad yang perlu ditinjau ulang, dzahirnya menunjukkan bahwa Nabi melakukan khutbah i’ed dua kali. Namun orang yang meneliti dan memperhatikan hadits-hadits yang terdapat pada shahihain dan selain keduanya akan nampak jelas baginya bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah khutbah i’ed kecuali sekali saja. Namun setelah selesai khutbah pertama beliau menuju ke jama’ah wanita dan memberi nasehat kepada mereka. Jika kita menjadikan hal ini sebagai dalil akan disyariatkannya dua khutbah, maka bisa saja, namun kemungkinannya cukup jauh. Karena beliau menuju ke jama’ah wanita dan khutbah disana disebabkan tidak sampainya suara beliau kepada mereka. Ini satu kemungkinan. Kemungkinan lainnya suara khutbah beliau sampai kepada mereka namun beliau ingin memberi sesuatu khusus kepada mereka, oleh karena itu beliau mengingatkan dan memberi nasehat khusus kepada mereka. Selesai dari Syarhul Mumti’ (5/191)

وقد سئلت “اللجنة الدائمة” ما نصه : ” هل في خطبة العيدين جلوس بين الخطبتين ؟

فأجابت :

” خطبتا العيدين سنة وهي بعد صلاة العيد ، وذلك لما روي النسائي وابن ماجه وأبو داود عن عطاء عن عبد الله بن السائب رضي الله عنهما قال : شهدت مع النبي صلى الله عليه وسلم العيد فلما قضى الصلاة قال : ( إنا نخطب فمن أحب أن يجلس للخطبة فليجلس ومن أحب أن يذهب فليذهب ) . قال الشوكاني رحمه الله في النيل : ” قال المصنف رحمه الله تعالى : وفيه بيان أن الخطبة سنة ، إذ لو وجبت وجب الجلوس لها ” اهـ .

Al Lajnah Ad Daaimah ditanya : Apakah ada duduk diantara dua khutbah dalam khutbah i’ed ?

Jawaban :

Dua khutbah i’ed hukumnya sunnah dan dilaksanakan setelah shalat i’ed. Dalilnya adalah hadits riwayat An Nasaai, Ibnu Majah dan Abu Dawud dari Atha, dari Abdullah bin As Saib radhiyallahu ‘anhuma, dia berkata : Aku hadir bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam i’ed, lalu setelah menyelesaikan shalat, beliau bersabda : Sesungguhnya kami berkhutbah, maka siapa saja yang ingin duduk mendengarkan khutbah dipersilahkan duduk dan siapa saja yang ingin pergi juga dipersilahkan.” Asy Syaukani rahimahullah di Nailul Authar berkata : “Penulis rahimahullah berkata : didalam hadits ini terdapat dalil yang menunjukkan bahwa khutbah I’ed itu sunnah, karena seandainya diwajibkan tentu wajib duduk mendengarkannya.” Selesai.

ويشرع لمن خطب خطبتين في العيد أن يفصل بينهما بجلوس خفيف قياساً على خطبتي الجمعة ، ولما روي الشافعي رحمه الله عن عبيد بن عبد الله بن عتبة رضي الله عنه قال : السنة أن يخطب الإمام في العيدين خطبتين يفصل بينهما بجلوس.

Dan disyariatkan bagi orang yang khutbah i’ed dua kali untuk memisahkan dua khutbahnya dengan duduk sebentar diantara keduanya. Hal ini diqiyaskan dengan dua khutbah jum’at. Imam Asy Syafi’i  rahimahullah meriwayatkan dari Ubaid bin Abdullah bin Utbah radhiyallahu ‘anhu berkata : Yang sunnah adalah seorang imam melakukan dua khutbah dalam khutbah i’ed dan memisah diantara keduanya dengan duduk.

وذهب بعض أهل العلم إلى أنه ليس لصلاة العيد إلا خطبة واحدة ؛ لأن الأحاديث الصحيحة عن رسول الله صلى الله عليه وسلم ليس فيها إلا خطبة واحدة ، والله أعلم ” انتهى نقلا عن “فتاوى إسلامية” (1/425) .

Sebagian ulama’ berpendapat bahwa khutbah i’ed hanya sekali karena hadits-hadits shahih dari Rasulullah hanya menjelaskan sekali. Wallahu’alam. Selesai dinukil dari Fataawa Islamiyah (1/425)

وسئل فضيلة الشيخ ابن عثيمين رحمه الله : هل يخطب الإمام في العيد خطبة واحدة أو خطبتين ؟

فأجاب :

” المشهور عند الفقهاء رحمهم الله أن خطبة العيد اثنتان ، لحديث ضعيف ورد في هذا ، لكن في الحديث المتفق على صحته أن النبي صلى الله عليه وعلى آله وسلم لم يخطب إلا خطبة واحدة ، وأرجو أن الأمر في هذا واسع ” انتهى .

“مجموع فتاوى الشيخ ابن عثيمين” (16/246) .

Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah ditanya : Khutbahnya imam dalam i’ed itu sekali atau dua kali ?

Beliau menjawab :

Yang terkenal menurut fuqaha rahimahullah bahwa khutbah i’ed itu dua kali, berdasarkan hadits dha’if  yang ada. Namun berdasarkan hadits yang disepakati keshahihannya menjelaskan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam hanya khutbah sekali. Aku berharap ada kelonggaran dalam perkara ini.

Majmuu Fataawa Syaikh Ibnu Utsaimin (16/246)

وقال أيضاً (16/248) :

” السنة أن تكون للعيد خطبة واحدة ، وإن جعلها خطبتين فلا حرج ؛ لأنه قد روي ذلك عن النبي صلى الله عليه وسلم ، ولكن لا ينبغي أن يهمل عظة النساء الخاصة بهن . لأن النبي عليه الصلاة والسلام وعظهن .

فإن كان يتكلم من مكبر تسمعه النساء فليخصص آخر الخطبة بموعظة خاصة للنساء ، وإن كان لا يخطب بمكبر وكان النساء لا يسمعن فإنه يذهب إليهن ، ومعه رجل أو رجلان يتكلم معهن بما تيسر ” انتهى .

Beliau juga berkata (16/248) :

Yang sunnah adalah khutbah i’ed sekali saja namun jika melakukan khutbah dua kali maka tidak masalah karena ada riwayat dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang hal tersebut. Akan tetapi hendaknya tetap memberikan nasehat khusus bagi wanita. Karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan hal tersebut.

وخلاصة الجواب :

أن المسألة من مسائل الاجتهاد ، والأمر في هذا واسع ، وليس في السنة النبوية نص فاصل في المسألة ، وإن كان ظاهرها أنها خطبة واحدة ، فيفعل الإمام ما يراه أقرب إلى السنة في نظره

Kesimpulan jawaban :

Sesungguhnya masalah ini termasuk masalah ijtihadiyah, oleh karena itu perkaranya longgar karena tidak ada nash yang tegas dari sunnah tentang masalah ini.  Meskipun dzahir dalil yang ada menunjukkan sekali khutbah. Maka hendaknya imam memilih pendapat yang lebih mendekati kepada sunnah menurut pandangan dia.

والله أعلم .

Sumber : http://www.islam-qa.com/ar/67942

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s