Hukum Menggabung Niat Puasa Syawal Dengan Ayyamul Bidh

Pertanyaan :

هل يحصل الفضل لمن صام ثلاث من الست من شوال مع البيض بنية واحدة ؟

Apakah orang yang menggabungkan niat puasa tiga hari dari puasa enam hari di bulan Syawal dengan puasa bidh akan mendapatkan keutamaan ?

Jawaban :

الحمد لله
سألت شيخنا الشيخ عبد العزيز بن عبد الله بن باز عن هذه المسألة فأجاب بأنه يُرجى له ذلك لأنّه يصدق أنه صام الستّ كما يصدق أنه صام البيض وفضل الله واسع

Saya telah menanyakan masalah ini kepada guru saya Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz, beliau mengatakan bahwa benar baginya berpuasa enam hari Syawal sebagaimana benar juga dia berpuasa bidh. Dan keuatamaan Allah itu luas.

وعن المسألة نفسها أجابني فضيلة الشيخ محمد بن صالح العثيمين بما يلي

Saya juga bertanya permasalahan yang sama kepada Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin dan jawaban beliau adalah sebagai berikut :

 نعم ، إذا صام ست أيام من شوال سقطت عنه البيض ، سواء صامها عند البيض أو قبل أو بعد لأنه يصدق عليه أنه صام ثلاثة أيام من الشهر ،

Benar, jika dia melakukan puasa enam hari di bulan Syawal maka tidak perlu baginya puasa bidh. Sama saja, apa dia melakukan puasa Syawal pada ayyamul bidh (13, 14 dan 15 bulan Hijriyah), sebelum atau sesudahnya. Karena dia telah dianggap melaksanakan puasa tiga hari pada setiap bulannya.

 وقالت عائشة رضي الله عنها : ” كان النبي صلى الله عليه وسلم يصوم ثلاثة أيام من كل شهر لا يبالي أصامها من أول الشهر أو وسطه أو آخره ” ،

Aisyah radhiyallahu’anha menuturkan : “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam terbiasa melakukan puasa tiga hari pada setiap bulan, beliau tidak peuli apakah puasa di awal, tengah atau akhir bulan.”

و هي من جنس سقوط تحية المسجد بالراتبة فلو دخل المسجد وصلى السنة الراتبة سقطت عنه تحية المسجدو الله أعلم

Permasalahan puasa ini sama dengan masalah gugurnya tahiyatul masjid karena shalat rawatib. Seandainya ada orang masuk ke masjid lalu mengerjakan shalat rawatib maka gugur tahiyatul masjid baginya, wallahua’lam.

Sumber : http://islamqa.info/ar/4015

 

1 comments

  1. Semua ibadah kita niatkan sebagai wujud taqwa, rasa cinta kita kepada Allah dan Rasulullah, bukti syukur kita kepada Allah. Kalau kita niatkan hanya mendapat pahala, maka semua pahala kita seumur hidup, tidak mungkin cukup untukmenandingi karunia Allah kepada kita walaupun hanya dalam satu hari. Islam adalah agama rahmatan lil alamin, yang penuh kasih sayang. Rasulullah selalu memikirkan kemudahan bagi umatnya untuk mengamalkan apapun yang dicontohkan. Sangat menginginkan keselamatan umatnya dan berat terasa oleh Rasulullah penderitaan umatnya. Semoga ridho Allah senantiasa diberikan kepada semua pencinta Allah dan Rasulullah, aamiin. Afwan.

Tinggalkan komentar