Bolehkah Puasa Syawal Sebelum Qadha Ramadhan ?

Syaikh Dr. Khalid bin Abdullah Al Mushlih hafidzahullah pernah ditanya dalam masalah hukum mendahulukan puasa enam hari di bulan Syawal sebelum menyelesaikan qadha Ramadhan. Beliau mengatakan :

اختلف العلماء في جواز صيام التطوع قبل الفراغ من قضاء رمضان  على قولين في الجملة:

Terdapat perbedaan pendapat dikalangan para ulama’ tentang bolehnya puasa sunnah sebelum menyelesaikan qadha Ramadhan. Secara umum pendapat mereka terbagi menjadi dua :

الأول: جواز التطوع بالصوم قبل قضاء رمضان، وهو قول الجمهور إما مطلقاً أو مع الكراهة.

Pertama : boleh puasa sunnah sebelum menyelesaikan qadha Ramadhan. Ini adalah pendapat mayoritas ulama’. Ada yang membolehkan secara mutlak dan ada yang membolehkan namun makruh.

فقال الحنفية بجواز التطوع بالصوم قبل قضاء رمضان، لكون القضاء لا يجب على الفور بل وجوبه موسع وهو رواية عن أحمد.

Ulama’ Hanafiyah berpendapat bolehnya puasa sunnah sebelum qadha Ramadhan, karena qadha tidaklah diwajibkan segera akan tetapi waktunya longgar. Dan ini juga merupakan salah satu riwayat dari Imam Ahmad.

أما المالكية والشافعية فقالوا: بالجواز مع الكراهة، لما يترتب على الاشتغال بالتطوع عن القضاء من تأخير الواجب.

Adapun ulama’ Malikiyah dan Syafiiyah berpendapat : boleh namun makruh, karena lebih menyibukkan diri dengan yang sunnah daripada qadha termasuk mengakhirkan kewajiban.

الثاني: تحريم التطوع بالصوم قبل قضاء رمضان، وهو المذهب عند الحنابلة.

Kedua : Mendahulukan puasa sunnah dari qadha Ramadhan hukumnya haram. Ini adalah madzab Hanabilah.

والصحيح من هذين القولين هو القول بالجواز، لأن وقت القضاء موسع، والقول بعدم الجواز وعدم الصحة يحتاج إلى دليل، وليس هناك ما يعتمد عليه في ذلك.

Pendapat yang lebih tepat dari dua pendapat diatas adalah pendapat yang membolehkan. Karena waktu qadha itu longgar. Pendapat yang menyatakan tidak boleh dan tidak sahnya hal tersebut membutuhkan dalil. Dan tidak terdapat dalil yang bisa dijadikan patokan dalam masalah ini.

 أما ما يتعلق بصوم ست من شوال قبل الفراغ من قضاء ما عليه من رمضان ففيه لأهل العلم قولان :

Adapun terkait dengan puasa sunnah enam hari di bulan Syawal sebelum menyelesaikan qadha Ramadhan maka ada dua pendapat dikalangan para ulama’ :

الأول: أن فضيلة صيام الست من شوال لا تحصل إلا لمن قضى ما عليه من أيام رمضان التي أفطرها لعذر.

Pertama : keutamaan puasa enam hari di bulan Syawal tidak akan diperoleh kecuali dengan menyelesaikan qadha puasa yang ditinggalkan karena adanya udzur di bulan Ramadhan.

 واستدلوا لذلك بأن النبي صلى الله عليه وسلم قال فيما رواه مسلم من حديث أبي أيوب الأنصاري: “من صام رمضان ثم أتبعه ستّاً من شوال كان كصيام الدهر“. وإنما يتحقق وصف صيام رمضان لمن أكمل العدة.

Mereka berdalil dengan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari hadits Abu Ayyub Al Anshari radhiyallahu’anhu : “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan lalu mengikutinya dengan puasa enam hari di bulan Syawal maka pahalanya seperti puasa setahun penuh.” Telah melaksanakan puasa Ramadhan jika telah menyempurnakan bilangan harinya.

قال الهيتمي في تحفة المحتاج (3-457): “لأنها مع صيام رمضان أي: جميعه، وإلا لم يحصل الفضل الآتي وإن أفطر لعذر”.

Al Haitami di Tuhfatul Muhtaaj (3-457) berkata : Karena (puasa syawal) dikaitkan dengan puasa Ramadhan, yaitu semuanya. Jika tidak demikian maka tidak akan memperoleh keutamaan puasa Syawal meskipun dia berbuka pada bulan Ramadhan kerena udzur.

وقال ابن مفلح في كتابه الفروع (3-108): “يتوجه تحصيل فضيلتها لمن صامها وقضى رمضان وقد أفطره لعذر، ولعله مراد الأصحاب، وما ظاهره خلافه خرج على الغالب المعتاد، والله أعلم”.

Ibnu Muflih di kitabnya Al Furuu’ (3-108) berkata : Keutamaan puasa Syawal didapatkan oleh orang yang menunaikannya dan dia telah mengqadha puasa Ramadhan yang telah ditinggalkan karena udzur. Inilah maksud dari para ulama’ madzab Hanbali. Adapun yang kelihatannya menyelesihi pendapat ini maka berarti bukan dari pendapat madzab Hanbali yang teranggap. Wallahua’lam

وبهذا قال جماعة من العلماء المعاصرين كشيخنا عبد العزيز بن باز وشيخنا محمد العثيمين رحمهما الله


Pendapat inilah yang dipilih oleh ulama’ masa kini, seperti guru kami Syaikh Abdul Aziz bin Baz dan Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin.

الثاني: أن فضيلة صيام الست من شوال تحصل لمن صامها قبل قضاء ما عليه من أيام رمضان التي أفطرها لعذر، لأن من أفطر أياماً من رمضان لعذر يصدق عليه أنه صام رمضان فإذا صام الست من شوال قبل القضاء حصل ما رتبه النبي صلى الله عليه وسلم من الأجر على إتباع صيام رمضان ستاً من شوال.

 Kedua : keuatamaan puasa enam hari di bulan Syawal tetap akan diperoleh bagi orang yang menunaikannya. Meskipun belum menyelesaikan qadha Ramadhan untuk hari yang ditinggalkan karena udzur. Sebab tetaplah benar jika dikatakan bahwa orang yang meninggalkan puasa Ramadhan beberapa hari karena udzur berarti dia juga telah berpuasa Ramadhan. Jika dia berpuasa Syawal sebelum qadha tetap akan memperoleh pahala sebagaimana yang dijanjikan Nabi. Karena dia telah mengikuti puasa Ramadhan dengan puasa sunnah enam hari di bulan Syawal.

 وقد نقل البجيرمي في حاشيته على الخطيب بعد ذكر القول بأن الثواب لا يحصل لمن قدم الست على القضاء محتجاً بقول النبي صلى الله عليه وسلم ثم أتبعه ستاً من شوال (2-352) عن بعض أهل العلم الجواب التالي: “قد يقال التبعية تشمل التقديرية لأنه إذا صام رمضان بعدها وقع عما قبلها تقديراً، أو التبعية تشمل المتأخرة كما في نفل الفرائض التابع لها ا هـ. فيسن صومها وإن أفطر رمضان”.

Al Bajirumi di dalam Hasiyahnya menukil perkataan Al Khatib setelah menyebutkan pendapat bahwa pahala tidak akan didapat oleh orang yang mendahulukan puasa Syawal dari qadha berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam : kemudian melaksanakan puasa enam hari di bulan Syawal (2-352) dari sebagian ulama’ dengan jawaban : dikatakan bahwa masuk dalam cakupan mengikuti adalah mengikuti secara taqdiriyah, karena jika dia qadha puasa Ramadhan setelah puasa sunnah Syawal maka sebenarnya dia juga sudah dianggap berpuasa Ramadhan sebelumnya atau mengikuti meskipun diakhirkan sebagaimana shalat nafilah yang mengikuti shalat fardhu. Selesai. Maka tetap dianjurkan puasa Syawal meskipun pernah meninggalkan beberapa hari Ramadhan.

 وقال في المبدع (3-52): “لكن ذكر في الفروع أن فضيلتها تحصل لمن صامها وقضى رمضان وقد أفطر لعذر ولعله مراد الأصحاب، وفيه شيء“.

Di Al Mabda’ (3-52) : Akan tetapi di Al Furuu’ disebutkan bahwa keutamaan puasa sunnah Syawal tetap didapatkan bagi orang yang menunaikannya dan mengqadha Ramadhan dari hari yang telah ditinggalkan karena udzur. Kemungkinan inilah yang dimaksudkan oleh ulama’ madzab.

والذي يظهر لي أن ما قاله أصحاب القول الثاني أقرب إلى الصواب، لاسيما وأن المعنى الذي تدرك به الفضيلة ليس موقوفاً على الفراغ من القضاء قبل الست فإن مقابلة صيام شهر رمضان لصيام عشرة أشهر حاصل بإكمال الفرض أداء وقضاء وقد وسع الله في القضاء فقال: {فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ} [البقرة:185]، أما صيام الست من شوال فهي فضيلة تختص هذا الشهر تفوت بفواته. ومع هذا فإن البداءة بإبراء الذمة بصيام الفرض أولى من الاشتغال بالتطوع. لكن من صام الست ثم صام القضاء بعد ذلك فإنه تحصل له الفضيلة إذ لا دليل على انتفائها، والله أعلم.

Yang nampak bagiku bahwa pendapat kedua lebih mendekati kepada kebenaran. Terlebih lagi cakupan dari keutamaan tidak hanya didapatkan bagi orang yang mengqadha puasa Ramadhan sebelum puasa enam hari Syawal. Karena mengganti puasa Ramadhan di sepuluh bulan lainnya tetap diperbolehkan dengan menyempurnakan yang wajib baik secara qadha ataupun tidak. Dan Allah telah memberi kelonggaran waktu dalam masalah qadha dalam firmannya : “maka hendaknya diganti dihari lain. Allah menghendaki kemudahan bagi kalian dan tidak menghendaki kesulitan [Al Baqarah : 185]. Adapun puasa enam hari di bulan Syawal punya keuatamaan khusus pada bulan tersebut. Keutamaannya akan hilang dengan berakhirnya bulan Syawal. Namun demikain memulai dengan menyelesaikan tanggungan puasa wajib lebih utama daripada menyibukkan dengan puasa sunnah. Akan tetapi siapa saja yang puasa enam hari di bulan Syawal kemudian mengqadha Ramadhan setelahnya tetap akan mendapatkan keutamaan karena tidak ada dalil yang menafikannya. Wallahua’lam.

Sumber : http://ar.islamway.net/fatwa/33660/%D8%B5%D9%8A%D8%A7%D9%85-%D8%B3%D8%AA-%D9%85%D9%86-%D8%B4%D9%88%D8%A7%D9%84-%D9%82%D8%A8%D9%84-%D9%82%D8%B6%D8%A7%D8%A1-%D8%B1%D9%85%D8%B6%D8%A7%D9%86

1 comments

  1. Jelas hal yang wajib adalah lebih utama, karena akan disiksa bila ditinggalkan. Anggap kalau masih punya hutang tentu harus dilunasi dulu, dan dalil hadits tentang keutamaan melunasi hutang sangat jelas, bahkan orang yang mati syahid pun, masih diperhitungkan hutang yang belum terbayar. Jadi qadha untuk puasa adalah milik Allah, dan kita melunasinya. Sedangkan amal sunnah adalah untuk mendapat cintaNya, ridhoNya, bukti cinta kita kepada Allah.

Tinggalkan komentar