Apakah Malaikat Menyertai Manusia Saat Masuk Kamar Mandi ?

Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz rahimahullah ditanya :

هل الملائكة تدخل مع الإنسان عند دخوله في الحمام أم لا؟

Apakah malaikat ikut masuk bersama manusia, ketika dia masuk ke kamar mandi atau tidak ikut masuk ?

Beliau rahimahullah menjawab :

 أما الحفظة فالظاهر من الدليل أنهم معه دائماً، الذين يحفظون حسناته وسيئاته، فالظاهر من الأدلة أنهم معه دائماً، وأما غير الحفظة الله أعلم،

Adapun malaikat pencatat amal, maka dzahir dalil yang ada menunjukkan bahwa mereka selalu menyertai manusia, yaitu malaikat yang mencatat kebaikan dan kejelekan manusia. Mereka selalu menyertai manusia, berdasarkan dzahir dalil. Adapun malaikat yang lain maka saya tidak tahu.

 لأن في بعض الأحاديث ما يدل على أنهم يفارقونه عند قضاء حاجته، ولكن لا أعلم حال أسانيدها، هذه المسألة تحتاج إلى إعادة في حلقة أخرى، حتى يحقق ما يتعلق بها، هذه المسألة تعيدها إن شاء الله في حلقة أخرى، حتى نراجع ما يتعلق بها، إن شاء الله.

Karena pada sebagian hadits menunjukkan bahwa mereka berpisah dengan manusia ketika dia buang hajat. Namun saya tidak mengetahui keadaan sanadnya. Masalah ini butuh diteliti kembali pada kesempatan yang lain, sampai perkara yang terkait dengannya menjadi jelas. Masalah ini akan dijelaskan kembali-insya Allah– pada kesempatan yang lain, supaya kami bisa mempelajari kembali masalah yang berkaitan dengannya. Insya Allah.

Sumber : http://www.binbaz.org.sa/mat/10316

1 comments

Tinggalkan komentar