Nabi Idris ‘Alaihissalam Diangkat ke Langit ?

Pertanyaan :

هل نبي الله إدريس رفع إلى السماء ؟

Apakah Nabi Allah, Idris ‘alaihissalam diangkat ke langit ?

Jawaban :

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه، أما بعد:

Segala puji bagi Allah, shalawat dan salam semoga terlimpahkan kepada Rasulullah, keluarga serta pengikut beliau, amma ba’du :

فإن كان المقصود السؤال عما إذا كان نبي الله إدريس عليه السلام رفع الى السماء قبل موته، كما وقع لعيسى عليه السلام.. فالجواب أن ذلك لم يثبت في رواية صحيحة. وقد ورد فيه خبر نسبه بعض أهل العلم إلى الإسرائيليات. 

Jika maksud dari pertanyaan diatas bahwa Nabi Idris ‘alaihissalam diangkat ke langit sebelum kematian beliau, sebagaimana terjadi pada Nabi Isa ‘alaihissalam, maka jawabannya adalah tidak terdapat riwayat shahih tentang hal tersebut. Yang ada adalah riwayat yang disandarkan oleh sebagian ulama’ sebagai riwayat israailiyat.

جاء في فتح الباري لابن حجر : … وكون إدريس رفع وهو حي لم يثبت من طريق مرفوعة قوية، وقد روى الطبري أن كعبا قال لابن عباس في قوله تعالى: ورفعناه مكانا عليا. أن إدريس سأل صديقا له من الملائكة فحمله بين جناحيه، ثم صعد به، فلما كان في السماء الرابعة تلقاه ملك الموت، فقال له: أريد أن تعلمني كم بقي من أجل إدريس؟ قال: وأين إدريس؟ قال: هو معي، فقال: إن هذا لشيء عجيب أمرت بأن أقبض روحه في السماء الرابعة، فقلت: كيف ذلك وهو في الأرض؟ فقبض روحه فذلك قوله تعالى: ورفعناه مكانا عليا. وهذا من الاسرائيليات. والله أعلم بصحة ذلك. انتهى.

Di dalam Fathul Baari milik Ibnu Hajar disebutkan : Tidak ada riwayat marfu’ (sampai kepada Nabi-pen-) dan kuat  yang menyebutkan bahwa Idris ‘alaihissalam diangkat ke langit dalam keadaan hidup. Ath Thabari meriwayatkan bahwa Ka’ab berkata kepada Ibnu Abbas dalam firman Allah ta’ala : “Dan kami angkat dia (Idris) ke tempat yang tinggi.”  Bahwa Idris meminta teman dari kalangan malaikat,maka dia membawa idris diantara sayapnya, lalu naik ke langit. Ketika sampai pada langit keempat, berjumpa dengan malakul maut. Maka dia bertanya kepada malaikat yang membawa Idris : Saya ingin Engkau memberitahuku berapa sisa jatah umur Idris ? Dan dimanakah Idris ? Malaikat yang membawa Idris menjawab : Dia bersamaku. Maka malakul maut berkata : sungguh ini perkara yang mengherankan, aku diperintahkan untuk mencabut nyawanya di langit keempat. Maka aku (malaikat yang membawa Idris) katakan : Bagaimana hal itu bisa terjadi padahal ia penduduk bumi. Maka malakul maut mencabut nyawanya. Inilah firman Allah ta’ala : “Dan kami angkat dia (Idris) ke tempat yang tinggi.”  Ini termasuk riwayat israailiyaat, dan wallahua’lam atas keshahihannya. Selesai

وإدريس عليه الصلاة والسلام ثبت في الصحيحين وغيرهما أن النبي صلي الله عليه وسلم رآه ليلة المعراج في السماء الرابعة. وهذا هو المقصود بقوله تعالى في شأنه : { ورفعناه مكانا عليا} كما صححه الإمام القرطبي في تفسيره

Dan telah ada di dalam shahih Bukhari dan Muslim serta selain keduanya, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat Idris ‘alaihissalam pada malam mi’raaj di langit ke tujuh. Inilsh maksud firman Allah ta’ala : “Dan kami angkat dia (Idris) ke tempat yang tinggi.”  Sebagaimana dishahihkan oleh Al Qurthubi dalam tafsirnya.

ورؤيته صلى الله عليه وسلم لإدريس في السماء الرابعة إنما هي رؤية لروحه مصورة في صورة بدنه لا رؤية لجسمه.

Dan penglihatan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Idris di langit keempat adalah penglihatan beliau terhadap ruh Idris yang digambarkan sebagaimana jasadnya, bukan melihat jasadnya secara asli.

جاء في مجموع الفتاوى لشيخ الإسلام ابن تيمية : أَمَّا رُؤْيَا مُوسَى عَلَيْهِ السَّلَامُ فِي الطَّوَافِ فَهَذَا كَانَ رُؤْيَا مَنَامٍ لَمْ يَكُنْ لَيْلَةَ الْمِعْرَاجِ كَذَلِكَ جَاءَ مُفَسَّرًا كَمَا رَأَى الْمَسِيحَ أَيْضًا وَرَأَى الدَّجَّالَ . وَأَمَّا رُؤْيَتُهُ وَرُؤْيَةُ غَيْرِهِ مِنْ الْأَنْبِيَاءِ لَيْلَةَ الْمِعْرَاجِ فِي السَّمَاءِ لَمَّا رَأَى آدَمَ فِي السَّمَاءِ الدُّنْيَا وَرَأَى يَحْيَى وَعِيسَى فِي السَّمَاءِ الثَّانِيَةِ وَيُوسُفَ فِي الثَّالِثَةِ وَإِدْرِيسَ فِي الرَّابِعَةِ وَهَارُونَ فِي الْخَامِسَةِ وَمُوسَى فِي السَّادِسَةِ وَإِبْرَاهِيمَ فِي السَّابِعَةِ أَوْ بِالْعَكْسِ فَهَذَا رَأَى أَرْوَاحَهُمْ مُصَوَّرَةً فِي صُوَرِ أَبْدَانِهِمْ . وَقَدْ قَالَ بَعْضُ النَّاسِ : لَعَلَّهُ رَأَى نَفْسَ الْأَجْسَادِ الْمَدْفُونَةِ فِي الْقُبُورِ ؛ وَهَذَا لَيْسَ بِشَيْءِ. انتهى

Datang keterangan di Majmuu’ Al Fataawa milik syaikhul Islam Ibnu Taimiyah : adapun penglihatan nabi terhadap Musa ‘alaihissalam dalam thawaf, maka ini penglihatan beliau dalam mimpi,bukan pada malam mi’raaj. Inilah keterangan yang jelas, sebagaimana beliau melihat Al Masih dan Dajjal. Adapun penglihatan beliau kepada Musa dan Nabi yang lainnya pada saat malam mi’raaj di langit, yaitu saat melihat Adam di langit dunia, lalu melihat Yahya dan Isa di langit kedua, melihat Yusuf di langit ketiga, melihat Idris di langit keempat dan Harun di langit kelima, melihat Musa di langit keenam dan Ibrahim di langit ketujuh atau kebalikannya. Maka ini adalah penglihatan beliau terhadap ruh mereka yang digambarkan sebagaimana jasad mereka. Sebagian ulama’ berkata : mungkin beliau melihat jasad-jasad yang ada dalam kubur, ini adalah pendapat yang tidak benar. Selesai.

 والله أعلم.

Sumber : http://www.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=160425