Bolehkah niat puasa ‘Asyuura pada siang hari ?

Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah ditanya :

السؤال: السائل س. ع. هـ. القصيم البكيرية يقول هل تجب النية في صوم التطوع المعين كصيام الست من شوال وعرفة وعاشوراء أم تجوز النية من النهار؟

Seorang penanya dari daerah Qasim, kota Bukairiyah berkata : Apakah wajib niat (sebelum fajar) untuk puasa sunnah mu’ayyan (sudah ditentukan waktunya) seperti puasa enam hari pada bulan Syawal, puasa Arafah dan puasa ‘Asyuura, atau boleh berniat untuk puasa tersebut pada siang hari ?

Beliau rahimahullah menjawab :

النفل نوعان نفلٌ مطلق ونفل مقيد فالنفل المطلق يجوز للإنسان أن ينويه في أثناء النهار إذا لم يفعل ما يفطر قبل ذلك مثاله رجل قام لصلاة الفجر وقبل أن يفطر فطور الصباح أحب أن يصوم ذلك اليوم فنوى فصيامه صحيح مجزئ ويثاب على الصوم من نيته لا من طلوع الفجر لقول النبي صلى الله عليه وعلى آله وسلم إنما الأعمال بالنيات وإنما لكل امرئٍ ما نوى وهذا لم ينوِ من الفجر بل نوى من أثناء النهار

Puasa sunnah ada dua macam, yaitu puasa sunnah muthlaq dan puasa sunnah muqayyad. Untuk puasa sunnah muthlaq dibolehkan bagi seseorang berniat pada siang hari jika sebelum itu dia belum melakukan perbuatan yang membatalkan puasa. Misalnya ada seseorang yang melaksanakan shalat fajar dan dia belum makan pagi, lalu dia ingin puasa pada hari itu, maka dia niat puasa pada hari tersebut. Puasa orang itu sah dan mendapatkan pahala puasa karena niatnya bukan karena terbitnya fajar. Berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam : ” Sesungguhnya setiap amalan itu tergantung niatnya, dan setiap orang akan mendapatkan balasan sesuai dengan apa yang dia niatkan.” Orang ini tidak berniat puasa dari sebelum fajar namun dia berniat puasa pada siang hari.

والنوع الثاني مقيد نفلٌ مقيدٌ بيوم فهذا لا بد أن ينويه من قبل الفجر ليكون قد صام يوماً كاملاً كيوم عرفة مثلاً مثاله شخص قام يوم عرفة وليس من نيته أن يصوم لكنه في أثناء النهار صام وهو لم يأكل ولم يشرب من قبل ولم يأتِ مفطراً فنقول الصيام صم ليس فيه مانع لكنك لا تثاب ثواب من صام يوم عرفة فإنك لم تصم يوم عرفة صمت بعض يوم عرفة فلا يحصل لك ثواب من صام يوم عرفة

Puasa sunnah jenis yang kedua adalah puasa sunnah muqayyad yaitu sudah ditentukan harinya. Niat untuk puasa yang demikian ini harus sebelum terbit fajar supaya orang yang melakukannya dianggap berpuasa satu hari penuh. Seperti puasa hari Arafah, ada orang yang berada pada hari Arafah dan tidak ada niat dalam dirinya untuk melakukan puasa Arafah, akan tetapi pada siang hari dia melakukan puasa, karena dia belum makan dan minum sebelumnya serta tidak melakukan pembatal puasa lainnya. Maka kita katakan bahwa tidak ada larangan bagi engkau untuk berpuasa akan tetapi engkau tidak memperoleh pahala sebagaimana seseorang yang berpuasa penuh pada hari Arafah. Karena engkau tidak berpuasa penuh pada hari Arafah namun engkau berpuasa pada sebagian hari Arafah, maka engkau tidak memperoleh pahala sebagaimana orang yang berpuasa penuh pada hari Arafah.

Fatwa beliau rahimahullah dapat dilihat disini

Tinggalkan komentar